X-Steel - Wait

Minggu, 03 Agustus 2014

Jin/Jinni

Assalamualaikum...

Saya akan menceritakan tentang Jin/Jinni kali ini, jin merupakan ciptaan Allah SWT. Allah menciptakan jin dari api, sebagai mana dalam HR. Muslim yang telah shahih, no.2996, Ahmad no.24668, Baihaqi di Sunan Kubro, no.18207, dan Ibnu Hibban, no.6155 yaitu :
"Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api dan Adam diciptakan sebagaimana telah dijelaskan kepada kalian (dari tanah)."
Allah juga berfirman :
"Dan Dia menciptakan jin dari nyala api" (Q.S Ar-Rahman :15)
Mungkin banyak yang bertanya, iblis berasal darimana? Iblis merupakan salah jin yang perbuatannya tercela, jin juga ada yang taat dan juga ada yang maksiat. Iblis merupakan termasuk golongan jin yang maksiat dapat dilihat ketika dia disuruh sujud kepada Nabi Adam, akan tetapi mereka menoloaknya.
Iblis berkata :
"Saya lebih baik dari dia (Adam), saya diciptakan dari api sedangkan dia diciptakan dari tanah." (QS. Al-A'raf :12)
Selain iblis, jin juga ada yang beriman kepada Allah.
"Katakanlah, yang diwahyukan kepadaku, bahwa ada segolongan jin yang mendengarkan (Al-Qur'an) kemudian mereka berkata : "Sesungguhnya kami mendengarkan Al-Qur'an yang sangat menakjubkan. Yang memberikan petunjuk kepada kebagusan sehingga kami beriman kepadanya dan tidak menyekutukan kepada Tuhan kami sedikitpun." (QS. Al-Jin : 1-2)
Terdapat golongan manusia yang ingin berteman dengan jin. Harus kita waspadai tidak semua jin itu baik, terdapat golongan jin yang berdusta. Kadang ada golongan jin yang mengaku ingin berteman bersama manusia, dan membantu manusia. Coba saja kalian pikirkan, disebuah keramaian kota yang perekonomiannya cukup sulit. Disana pasti tidak ada yang gratis, mungkin beberapa golongan manusia ingin mendapatkan untung dengan cara apapun termasuk cara yang haram atau curang. Sama perihalnya dengan jin, mereka membantu mungkin ada sesuatu niat yang kita tidak ketahui. Apabila manusia sudah terpengaruh dengan mereka, maka manusia tersebut hanya akan bergantung kepada mereka. Jangan pernah mudah percaya pada mereka, walaupun mereka mengaku islam atau baik dan sebagainya tapi bisa saja mereka itu pendusta
Wallahu'alam bishshawab,..

Source :

0 komentar:

Posting Komentar